Blogroll

About

Tutorial 3ds Max : Cara membuat Taplak Meja dengan menggunakan Cloth

Salam hangat gan.. ketemu lagi dipostingan ane, mudah-mudahan ga bosen main kesini.
Baiklah.. kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat taplak meja?. Caranya yaitu dengan menggunakan Cloth. setidaknya ini cara yang saya tau hehe..

Apa itu Cloth? Cloth adalah objek dinamis pada reactor dan bentuknya 2 dimensi bukan 3d. jadi dengan menggunakan Cloth kita dapat membuat simulasi Kain seperti Baju, taplak meja, alas kasur dll. pokoknya yang berbau kain gan. kertas juga bisa. langsung praktek aja ya...

Baiklah... disini saya akan membuat animasi simulasi taplak meja.. seperti ini.

petama buat meja yang sederhana aja ya.. dengan Box, ukurannya agan sesuaikan aja. trus bikin segmennya Lenght = 3, Width=3, Heigth=1. setelah itu ubah ke edit poly dan atur vertexnya seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu buat kaki mejanya, sebelumnya aktifkan dulu tombol poligonnya dengan mengklik tombol poligon yang ada pada rollout selection. aktifkan perspective viewportnya. setelah itu tekan dan tahan tombol CTRL lalu klik empat poligon pada sudut meja. seperti pada gambar dibawah ini.
Setelah terseleksi langkah selanjutnya klik Bevel pada rollout Edit polygons, dan aktifkan by polygon pada bevel type trus isi Height dan Outline Amountnya seperti gambar dibawah.
Udah jadi mejanya gan.. Tahap selanjutnya Bikin Plane taplak mejanya gan. Aktifkan Top Viewport dan buat objek Plane dengan ukuran berapa aja. Dan setelah itu sesuaikan panjang dan lebar dengan bidang mejanya. ubah nilai segmen menjadi 10. catatan : semakin banyak segmen akan semakin bagus tapi untuk proses animasi  dan rendernya, komputer agan bisa heng.. Setelah itu posisikan Plane seperti ini.
Setelah itu kita aplikasikan Rigid Body dan Cloth.
Klik objek Helpers dan pilih suobjeknya jadi Reactor trus klik Rigid Body Collection (RB Collection) posisikan dimana saja. setelah itu buka tab modify, klik pick lalu klik mejanya seperti gambar dibawah.
sekarang pilih objek Plane lalu aktifkan tab Modify, dalam kotak Modifier list pilih Reactor Cloth. Setelah ituaplikasikan Cloth Collection, Klik objek Helpers/sub objek Reactor dan Klik CL Collection. lakukan hal yang sama seperti langkah diatas.
Nah lalu kita animasikan, Aktifkan Perspective viewpor terlebih dahulu. Klik menu bar Animation/ reactor/ Preview Animation. Untuk mensimulasikannya tekan tombol P pada Keyboard. Dan untuk menganimasikannya pada Viewpor, klik Animation/ reactor/ create Animation lalu klik OK. dan tekan Play..
Gimana gan bisa kan..? Baiklah sampai disini dulu ya gan.. mudah-mudahan postingan ane membantu.. sampai ketemu lagi dipostingan berikutnya gan.. wassallam.

Sumber : http://mrcaricaradi.blogspot.co.id/2015/03/tutorial-3ds-max-cara-membuat-taplak.html