Blogroll

About

Tutorial 3ds Max : Cara Membuat Animasi Air Mancur

Hallo semua... jumpa lagi..
Kali ini saya akan mencoba memberikan bagaimana cara membuat animasi Air Mancur dengan menggunakan Partikel Super Spray dan Gravity. seperti bambar dibawah ini

Baiklah.. langkah pertama buatlah sebuah objek seperti gambar diatas, atau agan bisa membuat objek sendiri. selanjutnya kita buat dan memposisikan objek Super Spray. Caranya klik objek Geometry di dalam kotak sub objek dibawah pilih Particle System lalu pilihSuper Spray. Kemudian Posisikan Super Spray, Klik Top ViewPort dan posisikan tepat ditengah objek yang lainnya, seperti gambar dibawah ini.
Pastikan objek Super Spraynya masih terseleksi, trus masuk ke tab Modify. Pada Basic Parameter isi Spread 20 dan 90 dan pada Viewport Display klik mesh. trus Pada Particle Generation Klik Use rate dan isi 200, Speed = 25, dan Life = 50.dan pada Standar Particle klik Facing. Lihat gambar dibawah ini.
  
Untuk sampai pada tahap ini coba jalankan animasinya dengan mengklik tombol Play yang ada di kanan bawah monitor agan...
Nah.. Untuk langkah selanjutnya membuat Gravity agar partikel atau airnya jatuh ke bawah. Caranya Klik Objek Space Warp lalu klik Gravity. Aktif kan Top Viewport dan tempatkan Gravity di Posisi mana saja dan pastikan tanda panahnya ke bawah. Setelah itu Klik Bind to Space Warp klik Gravity lalu drag ke objek Super Spraynya agar tekoneksi.
Selanjutnya klik Gravity aktifkan Tab Modify dan pada parameter isi Strenght = 0,3. Seperti gambar dibawah ini.

Tahap selanjutnya kita berikan Material air pada partikel Super Spraynya. Klik objek Super Spraynya lalu Tekan tombol M Pada Keyboard. Pada jendela Material klik salah satu slot yang kosong. Setelah itu rubah warna Dffuse menjadi biru muda lalu rubah nilai Specular level 100 dan glosiness 65. setelah itu masuk ke rollout Map lalu klik none pada opacity. Pada tampilan jendela berikutnya pilih Gradient dengan dobleklik.pada gradient parameter klik radial.
setelah itu kembali ke asal dengan mengklik go to parent. Masuk lagi ke Map, lalu klik none pada baris Difuse Color dan pilih Mask. pada Mask Parameter klik none pada baris Mask pilih lagi Gadient dan aktifkan lagi tombol Radial. klik go to parent dua kali untuk kembali ke asal. untuk memberikan material ke objek klik Assign Material to Selection, dan tutup jedela materialnya. Lihat gambar dibawah

Nah sampai disini bisa agan lihat dulu dengan mengklik Render.
Nah tahap akhir, berikan efek Motion Blur dengan Mengklik kanan Objek Super Spray lalu pilih Properties. Pada Motion Blur agan aktifkan tombol Image. lalu OK. seperti di bawah ini.

Nah selesai... gimana gan bisa kan...
Baiklah.... sampai disini dulu tutoriaal kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.. amin..
sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.. Wassallam.

Sumber : http://mrcaricaradi.blogspot.co.id/2015/03/tutorial-3ds-max-cara-membuat-animasi.html