Blogroll

About

Tutorial 3ds Max : Cara Membuat Animasi Bendera Berkibar

Hallo Semuanya...
Pada postingan kali ini saya akan membahas Cara Membuat Animasi Bendera Berkibar dengan 3ds Max. Dalam tutorial ini saya mengaplikasikan RBcollection, CLcollection, Modifier Cloth dan Wind. Seperti gambar di bawah ini.


Langkah Pertama buatlah model objek seperti gambar diatas. Untuk pondasi tiangnya saya memakai dua buah objek Box, untuk tiangnya menggunakan objek Cilinder dan untuk benderanya objek Plane. soal ukurannya disesuaikan saja ya.. Untuk objek Plane nilai segmennya kira-kira isi 20 agar objek benderanya tidak kelihatan kaku. setelah itu posisikan seperti gambar dibawah ini.
Selanjutnya kita aplikasikan RBcollection. Caranya Klik objek Helper/ Sub objek Reactor/ klik RBcollection. setelah itu posisikan di sembarang tempat pada salah satu viewport. Setelah itu masuk ke Tab Modifier pada RBcollection, klik pick dan pilih Cilinder atau tiang bendera, seperti gambar dibawah ini.
Tahap Selanjutnya aplikasikan CLcollection, Caranya sama dengan cara diatas. Kemudian berikan Modifier Reactor Cloth pada objek Plane, Caranya klik objek Plane lalu masuk ke tab Modify lalu pilih Reactor Cloth pada tab Modifier List. Selanjutnya kita membuat agar benderanya tetap menempel pada tiang bendera. Caranya pada Modifier Reactor Cloth klik tanda tambah (+) lalu klik Vertex. Seleksi semua Vertex paling kiri dari atas ke bawah, setelah itu masuk pada Rollout Constrain dan klik Attach to Rigid Body. Kemudian klik juga Attach to Rigid Body pada kotak kosong di bawah. Setelah itu masuk pada Rollout Attach to Rigidbody klik None dan pilih Cilinder.
.
Nah Sekarang kita aplikasikan Objek Wind. Pada tutorial ini saya menggunakan dua buah objek Wind. Caranya klik objek Space Warp lalu klik Wind dan posisikan pada Front Viewport, berikan nilai Wind Speed 300. Kemudian klik lagi Wind dan posisikan Pada Left Viewport dengan nilai yang sama. seperti gambar dibawah ini.
Yup... selesai...
Sekarang kita lihat animasinya dengan cara Klik tab menu Animation/Reactor/Priview Animation setelah terbuka jendela real time nya tekan tombol P pada keyboard..
Untuk Menganimasikannya pada Viewport Klik tab menu Animation/Reactor/Creat Animation.
Setelah itu Render animasinya, Selesai..
Baiklah Sampai disini dulu tutorial kali ini semoga bermanfaat. sampai ketemu lagi dipostingan berikutnya.. Wassallam.


Sumber : http://mrcaricaradi.blogspot.co.id/2015/03/tutorial-3ds-max-cara-membuat-animasi_18.html